log in

Khotbah (Artikel)

Senin, 04 Januari 2016 00:00

2016, ORANG BENAR TERUS BERBUAT KEBENARAN

Written by  Pdt. M.D. Wakkary
Pdt. M.D. Wakkary Pdt. M.D. Wakkary

Wahyu 22:10-11

Kitab Wahyu adalah buku terakhir dari 66 buku dalam Alkitab. Kitab Wahyu memuat/berisi nubuatan-nubuatan yang terjadi di akhir zaman. Nubuatan bukanlah ramalan tetapi firman Tuhan yang menguraikan secara rinci dan tepat peristiwa-peristiwa yang akan datang.

Dalam ayat 10 dikatakan supaya jangan memeteraikan atau merahasiakan perkataan-perkataan Allah di buku Wahyu. Nubuatan dalam kitab Wahyu tidak untuk dirahasiakan tetapi dibuka supaya orang mengetahui apa yang terjadi di akhir zaman. Sebagian dari nubuatan Wahyu sudah dan sedang berlangsung tetapi sebagian lagi belum terjadi dan akan terjadi.

Dalam ayat 11 diberitahukan bahwa salah satu ciri khas yang perlu kita ketahui pada zaman akhir adalah : “Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!" Pada tahun 2015 dan tahun-tahun sebelumnya nubuat ini sudah berlangsung dan akan berlangsung lebih hebat lagi. Orang-orang yang berbuat jahat akan berbuat lebih jahat lagi.

Minggu lalu, setelah perayaan Natal kita, seorang wartawan mewawancarai saya. Saat itu adalah suasana Natal tetapi wartawan itu bertanya kepada saya, apakah ISIS bisa dikalahkan? Sebab menurut Polri di Indonesia sudah terdapat lebih dari 1000 orang terlibat ISIS. Lalu saya jawab bahwa ISIS pasti bisa dikalahkan apalagi Indonesia dulu sudah punya pengalaman mengalahkan dan mengatasi kelompok-kelompok pemberontak. Bagaimana dengan kelompok militan Boko Haram di Afrika dan Al-Qaeda di Timur Tengah, apakah bisa dihancurkan? Pasti bisa. Tetapi yang di belakang semuanya itu belum bisa dihancurkan sekarang ini yaitu Iblis. Apabila ISIS dihancurkan sekarang maka akan muncul 'isis-isis' yang lain. Sebab Alkitab sudah menubuatkan bahwa kejahatan akan masih ada bahkan akan semakin bertambah jahat.

Kejahatan di tahun 2016 bukan semakin berkurang tetapi akan semakin bertambah banyak. Kita hanya bisa berdoa supaya di mana pun kita tinggal Tuhan karuniakan keselamatan sebab kejahatan di seluruh dunia ini akan terus meningkat.

Juga, orang-orang yang berbuat kecemaran yaitu orang yang berzinah ataupun selingkuh akan semakin bertambah di akhir zaman.

Namun pada waktu kejahatan semakin mengerikan dan semakin hebat, Tuhan berkata bahwa orang benar biarlah terus berbuat kebenaran. Kejahatan memang akan semakin bertambah tetapi kita juga percaya bahwa Roh Kudus akan bekerja luar biasa sehingga orang-orang benar semakin berbuat kebenaran. Ini bukan lagi waktunya menjadi orang Kristen yang setengah-setengah atau suam-suam dalam kebenaran tetapi musti terus bertumbuh di dalam kebenaran, bertumbuh di dalam kekudusan, bertumbuh di dalam pengetahuan firman Tuhan.

Berikut ini adalah tanda-tanda orang benar ;  

1)    Hidup karena iman. Roma 1:17. 

Orang benar hidup bukan karena memiliki pekerjaan bagus, bukan karena punya penampilan bagus, dan juga bukan karena memiliki tubuh yang sehat walaupun kesehatan sangat perlu. Orang benar hidup oleh karena iman.

Karena tugas-tugas gerejawi yang sangat banyak, maka saya banyak sekali melakukan penerbangan. Sampai suatu kali seseorang bertanya apakah saya seorang pengusaha, yang mempunyai banyak proyek di Jakarta. Lalu saya jawab bahwa proyek saya adalah proyek spiritual.

Namun saya dapat terbang ke berbagai kota itu karena iman. Saya diberkati karena iman. Saya sembuh karena iman. Semuanya adalah karena iman. Sebab orang benar hidup karena iman.

Orang benar harus penuh dengan iman. Kita tidak bisa hidup karena uang, karena pekerjaan atau bisnis, tetapi orang benar hidup karena iman. Dan iman kita peroleh dari pendengaran akan firman Tuhan (Roma 10:17). Kita harus percaya Yesus dan harus percaya kepada firman-Nya.

2)    Bersukacita karena Tuhan. Mazmur 64:11.

Sukacita di dalam Tuhan harus tetap dipelihara di dalam diri kita, di dalam rumahtangga, di keluarga, dan di dalam ibadah kita. Seringkali yang selalu kita pikirkan adalah soal ekonomi padahal soal ekonomi akan tetap menjadi persoalan. Kita harus bersukacita karena Tuhan adalah Juruselamat dan Penolong kita setiap hari.

3)    Doa orang benar. Yakobus 5:17.

Tuhan hanya mendengar doa orang benar. Dan kalau doa itu dinyatakan dengan iman maka doanya sangat besar kuasanya. Karena itu jangan menganggap remeh akan doa. Berdoa itu sangat penting dan sangat besar kuasanya.

Lalu apa berkatnya menjadi orang benar?

1)    Tuhan mengasihi. Mazmur 146:8.

Tuhan mencintai orang benar. Apabila seorang presiden mengasihi kita maka itu sesuatu yang sangat menggembirakan. Tetapi Alkitab memberitahukan bahwa Tuhan yang Mahakuasa dan Sumber segala berkat mengasihi orang benar. Kita sangat memerlukan kasih Tuhan tetapi sebaliknya juga kita harus berlatih untuk mengasihi Tuhan. Adalah berkat besar kalau Tuhan mengasihi kita sebagai orang benar. Namun pertanyaannya, apakah kita sudah memenuhi kualifikasi sebagai orang-orang benar yaitu hidup dengan iman, bersukacita dan selalu berdoa kepada Tuhan Yesus.  

2)    Tuhan memberkati. Mazmur 5:13.

Sebagai anak-anak Tuhan kita semua paling senang dengan berkat. Itu lumrah. Tetapi kita perlu ketahui bahwa yang benar-benar diberkati adalah orang benar.

3)    Jalan orang benar seperti terang yang bertambah. Amsal 4:18. 

Apabila kita menjadi orang benar maka perjalanan hidup kita di tahun 2016 pasti seperti cahaya fajar yang kian bertambah terang dan bertambah terang sampai rembang tengah hari atau sampai siang yang sempurna (Terj. Lama). Hidup kita pasti lebih hebat dari tahun-tahun sebelumnya.

Biarlah di tahun 2016 ini kita semua bertekad menjadi orang benar yang bertambah benar, bertambah kudus, bertambah terang. Kita bertumbuh di dalam Tuhan. Kita semakin sering beribadah, semakin banyak berdoa dan bersukacita memuji Tuhan. Jika dunia semakin jahat, jangan takut!  Sebab kita tahu bahwa jalan orang benar berada di bawah perlindungan Tuhan. Bahkan kita akan mengalahkan kegelapan sebab kita bertambah terang, bertambah benar, bertambah kudus di tahun ini. Kalau orang benar terus bertambah terang maka kegelapan akan sirna. Haleluyah!

Ringkasan Khotbah Pdt. M.D. Wakkary, Jumat, 1 Januari 2016 (Ibadah Tahun Baru)