log in

Khotbah (Artikel)

Minggu, 04 Desember 2016 00:00

PERMINTAAN KEPADA TUHAN YANG DIKABULKAN

Written by  Pdt. M. D. Wakkary

Kita memiliki banyak permintaan karena banyak kebutuhan. Dan kebutuhan itu makin hari makin bertambah. Oleh karena itu kita perlu meminta supaya diberkati Tuhan. Banyak permintaan kita yang Tuhan kabulkan dan terima, tetapi tidak sedikit juga permohonan kita yang Tuhan belum kabulkan. Yohanes 15:7,16 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
Kalau kita membaca 2 ayat ini, anak kalimat terakhir berisi janji Tuhan bahwa apa saja yang kita minta akan diberikan. Tetapi ada beberapa prosedur dan syarat sebelum permintaan itu dikabulkan. Kita seringkali lupa bahwa kalimat: “mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”, ada awalannya yaitu: Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu.
Di sini kita harus bersatu dan tinggal dengan Yesus. Orang yang tinggal dalam Yesus harus mematuhi semua peraturan-peraturan-Nya. Bukan satu hal yang gampang mengizinkan Firman Tuhan tinggal dalam hidup kita, karena kita harus ikut apa yang Firman Tuhan katakan. Sepanjang minggu dalam kebaktian sel atau ibadah padat sekali. Oleh karena itu dianjurkan untuk mencatat semua Firman yang didengar. Firman Tuhan itu harus masuk dan tinggal dalam hidup kita.
Masalah kehidupan setiap hari kita temui, adakalanya kita tidak mampu. Dan Firman Tuhan katakan kalau kita tidak mampu, harus minta. Siapa yang memiliki Yesus dalam hidupnya, maka turunlah damai sejahtera atasnya. Apa yang kita perlukan dan butuhkan saat ini, Tuhan pasti sanggup cukupkan kalau kita minta. Janji Tuhan banyak, salah satunya: supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Mungkin saat ini ada yang butuh mobil, rumah, perlu penghasilan bertambah atau perlu kesembuhan, mari kita minta. Apa saja yang kita butuhkan akan Tuhan berikan. Tuhan kita adalah Tuhan yang Mahakaya.
Seringkali hati kita ragu, dan keraguan itu menjadikan kita tidak punya iman. Tidak punya iman membuat kita ragu untuk berdoa. Keraguan muncul ketika kita tahu bahwa kita tidak sungguh-sungguh tinggal dalam Yesus dan belum menyimpan Firman di dalam hati. Kepercayaan kita kepada Yesus adalah suatu modal yang luar biasa, tetapi kita harus tetap tinggal dalam Yesus, dan Firmannya Yesus tinggal dalam hidup kita.
Selalu dianjurkan untuk jemaat memiliki Alkitab dan harus dibaca. Di dalam kebaktian kita bisa baca ayat-ayat Firman Tuhan. Karena kalau kita baca maka kita akan tahu konteks ayat-ayat sebelumnya dan ayat-ayat sesudahnya. Dalam ayat 16 dikatakan: Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap.
Kalau kita membaca ayat 1 dan 2, dikatakan: "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Tuhan mengatakan kita harus berbuah.
Karena kita adalah ranting pada pokok anggur yang benar, yaitu Yesus, maka kita harus berbuah. Tuhan membersihkan kita walaupun sakit, yang tidak berbuah akan dibuang. Kalau kita sudah berbuah, maka apa saja yang kita minta akan diberikan. Oleh karena itu sangat mengherankan melihat ada jemaat yang kurang setia dan kehidupannya tidak mengalami perubahan, karena Firman Tuhan kurang yang tinggal dalam dirinya.
Sebagai gembala, saya ingin jemaat diberkati dengan luar biasa oleh Tuhan. Walaupun saya juga sedang bergumul dengan penyakit yang saya alami. Dulu waktu kita anak-anak, jika ada sesuatu yang kita minta dan belum diberikan, maka kita akan terus-menerus memintanya.
Yohanes 14:11-14 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.
Mengikut Yesus membuat kita bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari Dia. Yesus hanya ada waktu 3,5 tahun di dunia, sesudah itu Dia naik ke Surga dan murid-murid-Nya yang meneruskan. Waktu itu mungkin ada sekitar 5000 orang murid. Tetapi sekarang ada seorang hamba Tuhan yang melayani puluhan ribu orang dalam 1 kali KKR. Malahan Ps. Benny Hin pernah mengadakan KKR di India dihadiri oleh 3 juta jiwa dalam satu kebaktian. Dan juga masih banyak hamba-hamba Tuhan lainnya yang melakukan pelayanan yang lebih besar dan dahsyat.
Setiap anak Tuhan yang tinggal dalam Yesus dan Firman tinggal dalam hidupnya, berbuah-buah, pasti melakukan pekerjaan-perkerjaan yang besar. Menjadi orang yang mengasihi anak-anak, mendidik dan mengajar mereka tentang Yesus, ini juga pekerjaan Tuhan.
Kita punya banyak permintaan kepada Tuhan, apalagi menghadapi natal dan tahun baru, kebutuhan dalam keluarga banyak, tetapi Tuhan sanggup menolong. Saya juga, justru dalam usia tua dipercayakan memimpin GPdI, dengan 19.000 gereja di dalam maupun luar negeri. Dengan keadaan fisik saya yang sekarang, rasanya saya tidak bisa. Tetapi saya tahu kalau Tuhan mempercayakan pekerjaan yang besar, dia juga yang akan memberi kemampuan.
Kita selalu ingin berkat-berkat yang lebih besar lebih dari zaman dahulu. Tetapi benarkah Yesus hadir dalam hidup kita. Kalau kita melakukannya, apa saja yang kita minta diberikan-Nya. Mungkin ada kekurangan dalam kebutuhan kita, doakan dan minta kepada Tuhan. Semakin ditambah doa kita, pada waktunya Tuhan berikan kepada kita.
Kalau kita percaya kepada Firman Allah dan menyimpannya dalam hati kita, minta apa saja dan Tuhan akan mengabulkan permintaan kita. Puji Tuhan