log in

Khotbah (Artikel)

Minggu, 19 Februari 2017 00:00

BERSAMA YESUS ADA KEMENANGAN

Written by  Pdt. Ariyanto Zai
Gembala Sidang GPdI Elshadai, Nias Gembala Sidang GPdI Elshadai, Nias

Mazmur 103:1-5

Ayat-ayat ini berisi ungkapan Daud kepada dirinya sendiri karena dia merasakan semua itu dalam kehidupannya. Sejak dia menjadi gembala kambing domba hingga menjadi seorang raja, begitu banyak berkat Tuhan yang dia terima. Semua karena anugerah Tuhan. Dilihat dari pengalaman mungkin dia tidak cocok menjadi seorang raja, tetapi Tuhan memberikan kepercayaan itu kepadanya. Tuhan telah mempersiapkan dia dan mengangkat dia untuk menjadi seorang raja, memimpin bangsa Israel.
Rahasia Tuhan sangat besar bagi orang-orang yang memiliki kerendahan hati dan kerinduan yang tulus kepada-Nya. Tuhan menilai setiap hidup manusia dan memperhitungkan setiap sikap hati yang baik dalam melakukan kehendak-Nya. kalau raja Daud dipakai Tuhan, saya yakin kita juga bisa dipakai Tuhan untuk menjalankan visi-Nya yang besar ke depan. Kita semua punya tujuan hidup dan kerinduan untuk diberkati dalam pribadi, keluarga, pekerjaan, karier dan pelayanan.
Satu hal yang kita pelajari dari Daud, walaupun pekerjaannya kecil, mungkin dianggap remeh oleh orang lain, itulah yang menjadikan Daud luar biasa karena dia setia. Demikian juga kita sebagai jemaat Tuhan, kita harus menunjukkan kerendahan hati dan kesetiaan kepada Tuhan dalam beribadah, maka Tuhan tidak akan meninggalkan kita, Dia akan selalu bersama kita. Dia tidak pernah menetapkan hidup kita hanya biasa-biasa saja, tetapi Dia berjanji memberikan kemenangan yang besar sampai akhir.
Ayat 3 Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Ini salah satu berkat Tuhan yang besar dan patut kita syukuri. Dia sanggup memulihkan keadaan kita, dari yang tidak berdaya karena sakit, perekonomian kita yang lemah kepada kekuatan baru yang melimpah dengan berkat.
Saya adalah anak hamba Tuhan tetapi dulu kehidupan saya tidak mencerminkan kehidupan sebagai anak Tuhan. tetapi dengan anugerah-Nya saya dipanggil dan dipakai menjadi hamba-Nya. Tahun 2005 saya ditempatkan di Gunung Sitoli dengan jemaat yang hanya 20 jiwa sekarang sudah berkembang menjadi 75 kepala keluarga. Sebelumnya kami beribadah di sebuah rumah, sesudah gempa bumi rumah itu miring, tetapi oleh kemurahan Tuhan sekarang kami sudah memiliki gedung gereja.
Ayat 4 Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat. Tuhan menebus kita dari lobang kubur atau kematian yang kekal. Tuhan mengangkat dan memberikan kedamaian dalam hidup kita. Dia memberikan kepuasan kepada kita. Ada banyak orang mencari kepuasan yang bersifat sementara di dunia ini. Saya sudah merasakan hidup dalam kegelapan dunia ini selama 9 tahun, tetapi saya bersyukur kepada Tuhan karena Dia yang mengangkat saya. Sehingga sekarang saya bisa memenangkan orang-orang yang masih hidup dalam kegelapan.
Saya banyak melayani orang-orang muda yang hidup dalam doasa, kemudian menuntun mereka untuk masuk di sekolah Alkitab. Apa yang sudah saya alami menjadi contoh bagi mereka untuk hidup lebih baik lagi terutama dalam melayani Tuhan.
Kalau kita ada dalam Tuhan, janjinya tidak akan membiarkan kita seorang diri. Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. Allah tidak pernah membiarkan kita sendiri, dalam tekanan dan masalah yang berat Dia selalu ada menyertai kita. Kalau Dia memperhatikan kehidupan Daud, kehidupan kita juga akan diperhatikan oleh Tuhan.
Ayat 5 Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.
Tuhan memberikan kepuasan dan kekuatan seperti pada burung rajawali. Burung rajawali tidak pernah ada di daratan yang rendah, tetapi semakin tinggi naik terbang dengan kekuatan sayapnya. Di saat badai dan angin kencang datang, rajawali tidak turun tetapi semakin naik. Demikian juga seharusnya kita gereja Tuhan, jangan menjadi jemaat Tuhan yang loyo tetapi yang tetap kuat dengan kekuatan Roh Kudus.
Ketaatan adalah hal yang penting bagi kita jemaat Tuhan. Ulangan 8:19,20 Tetapi jika engkau sama sekali melupakan TUHAN, Allahmu, dan mengikuti allah lain, beribadah kepadanya dan sujud menyembah kepadanya, aku memperingatkan kepadamu hari ini, bahwa kamu pasti binasa seperti bangsa-bangsa, yang dibinasakan TUHAN di hadapanmu, kamu pun akan binasa, sebab kamu tidak mau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu. Inilah akibatnya bagi orang-orang yang tidak taat dan tidak mendengarkan firman Allah yaitu kebinasaan.
Saya bersyukur karena Tuhan menangkap saya lewat kecelakaan. Saya diberi Tuhan kesempatan untuk hidup, saya disembuhkan dan akhirnya masuk ke sekolah Alkitab dan melayani sampai hari ini.
Ada janji Tuhan kepada orang yang tetap setia beribadah yaitu dalam Yeremia 17:7,8 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah. Ketika kita setia, kita akan terhubung kepada sumber kehidupan itu seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air. Buahnya lebat dalam musim kering. Situasi dan keadaan apapun, bahkan yang paling sulit tidak menghalangi kita untuk menerima berkat dari Tuhan.
Di tahun 2005, ketika saya memulai pelayanan, banyak tantangan yang datang. Bahkan dari gereja lain menolak kehadiran saya di desa tersebut. Tetapi oleh kemurahan Tuhan, orang-orang nyang dahulu menolak kehadiran saya itu, sekarang sudah bergabung dan menjadi jemaat di gereja yang saya layani. Mereka mengalamu kuasa mujizat Tuhan lewat kesembuhan anak mereka.
Jangan pernah takut ketika ada masalah, percayalah bahwa Tuhan sedang melatih hidup kita, iman kita untuk menjadi lebih baik. Kita akan bertumbuh menjadi anak Tuhan yang kuat ketika cobaan datang karena kita diciptakan Tuhan untuk mampu berjalan di atas masalah. Haleluyah!