log in

Khotbah (Artikel)

Minggu, 02 April 2017 00:00

KEISTIMEWAAN ORANG BENAR DI HADAPAN ALLAH

Written by  Pdt. Yonathan Laoli
Gembal GPdI Gema Kasih, Gunung Sitoli, Nias Gembal GPdI Gema Kasih, Gunung Sitoli, Nias

Mazmur 34:16-20
Kita adalah orang yang spesial di mata Tuhan dan memiliki hak istimewa. Dalam ayat-ayat bacaan kita, sedikitnya ada 5 hak istimewa yang Tuhan berikan bagi orang yang percaya, yang hidup benar dan setia kepada-Nya.
Ayat-ayat ini ditulis ketika Daud menghadapi tantangan yang berat dalam hidupnya, tetapi dia mengandalkan Tuhan sehingga ada mujizat terjadi, kuasa Tuhan dinyatakan dalam hidupnya. Karena tekanan yang begitu besar dihadapinya, Daud sampai harus pura-pura menjadi orang gila. Seberat apapun masalahnya, sehebat apapun tantangan dan pergumulan hidupnya, Daud tetap mengandalkan Tuhan. Dia bahkan berkata pujilah Tuhan hai jiwaku, sehinggga Tuhan menolong dia tepat pada waktunya.
Dunia ini semakin hari makin jahat, kalau kita tidak kuat maka kita akan menjadi takut. Ketika kita mengikut Tuhan tidak ada garansi bahwa kita tidak akan menghadapi masalah, tidak ada lagi sakit penyakit atau cobaan. Tetapi saat kita menjadi pengikut Tuhan yang benar pertolongan Tuhan tepat pada waktunya. Inilah hak istimewa yang Tuhan berikan bagi kita.
1. Ayat 16 Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong; Hal yang pertama adalah Tuhan menjadikan kita prioritas dari manusia yang lain. Kira-kira ada 7 miliar lebih manusia di dunia ini, tetapi orang-orang yang mengasihi Tuhan mendapat prioritas. Kami sudah merasakan hal ini.
Pertolongan Tuhan telah disediakan bagi orang yang sungguh-sungguh berharap dan percaya kepada-Nya. Jangan pernah kita meragukan mujizat dari Tuhan. Manusia mungkin berkata tidak bisa, tetapi tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Ketika kita mengandalkan Tuhan maka Dia akan melakukan hal yang hebat dalam keluarga, pekerjaan maupun usaha kita.
2. Ayat 17 wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat untuk melenyapkan ingatan kepada mereka dari muka bumi. Menjadi orang benar pasti aada pembelaan dari Tuhan. Kalau ada orang yang berencana jahat, kita tidak perlu takut karena Tuhan sudah membentengi kita. Ayat ini berkata bahwa wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat kepada orang percaya. Bahkan orang jahat bisa diubahkan hatinya oleh Tuhan.
Oleh karena itu alkitab katakan bahwa pembalasan itu bukan hak kita tetapi haknya Tuhan. Ketika kita menjadi orang benar, menjadi orang jujur maka dunia tidak senang. Jangan takut menjadi orang jujur dan mengatakan kebenaran karena ada pembelaan dari Tuhan. Tuhan tidak senang kepada orang-orang yang berencana jahat, tetapi Tuhan membentengi orang yang cinta kepada Dia.
3. Ayat 18 Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. Hak kita sebagai orang percaya adalah Tuhan mendengar setiap doa dan jeritan kita. Dia tidak akan pernah mengecewakan kita. Yang seringkali menjadi masalah adalah kita manusia seringkali maunya segala sesuatu instan. Segala jawaban itu Tuhan sudah atur sesuai kebutuhan kita. Kadangkala Tuhan tidak berikan itu sekarang karena kita belum siap menerimanya. Dia akan memberikan yang terbaik.
Ketika kami membutuhkan mobil untuk menunjang pelayanan yang ada di Nias, Tuhan gerakan seorang yang bukan percaya untuk memberikannya. Gagakpun Tuhan bisa pakai untuk menolong hamba Tuhan ketika tidak ada jalan keluar. Ketika waktu Tuhan tiba maka Dia akan berikan apa yang kita perlukan. Siapapun Tuhan bisa pakai.
Oleh karena itu apapun pergumulan kita saat ini, kalau kita sudah bergumul dan berdoa maka pasti sudah didengar oleh Tuhan. Tinggal masalah waktunya saja Tuhan menjawab semuanya seturut kehendaknya, bisa hari ini, besok atau kapanpun. Sabarlah menunggu janji Tuhan karena indah jawaban Tuhan itu tepat pada waktunya.
4. Ayat 19 TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. Penghiburan bagi orang yang patah hati, patah semangat dan putus asa telah disediakan oleh Tuhan. Kita sangat berharga di mata Tuhan, seberat apapun kekecewaan yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya dari Tuhan. Karena begitu berharganya kita maka Bapa memberikan Anak-Nya yang tunggal yaitu Yesus bagi kita, mati di kayu salib untk menebus dosa kita semua, sehingga kita memperoleh kehidupan yang lebih baik bahkan hidup yang kekal.
5. Ayat 20 Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu. Di dunia ini banyak kemalangan dan tantangan, tetapi keselamatan Tuhan telah sediakan bagi orang yang percaya. Yang dimaksud dengan keselamatan adalah dari dunia ini Dia telah selamatkan kita sampai di sorga. Oleh karena itu orang percaya selama berada dalam dunia ini memperoleh berkat jasmani dan berkat rohani. Dia memberkati rumah tangga kita, usaha, rencana dan program kita. Kita adalah orang yang percaya dan pasti kita akan bertemu di sorga. Kenapa kita mau setia kepada Tuhan, beribadah kepada-Nya, berkorban untuk pelayanan dan kita mau melakukan sesuatu untuk Dia? Tujuannya adalah keselamatan yang sudah disediakan Tuhan. Kepercayaan kita hanya ada di dalam Dia karena janji-Nya ya dan amen. Haleluyah!