log in

Khotbah (Artikel)

Minggu, 07 Mei 2017 00:00

FIRMAN SELALU BERHASIL

Written by  Pdt. M. D. Wakkary

Yesaya 55:11
Ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia.
Firman Tuhan adalah Firman yang keluar dari mulut Allah sendiri dan Ia tidak akan kembali dengan sia-sia. Di banyak kota-kota besar sering diadakan ceramah-ceramah atau seminar tentang Firman Tuhan dan orang yang mau mendengarnya harus membayar tiket.
Firman Tuhan yang kita dengarkan terus-menerus memiliki kehebatan yang luar biasa. Jadi, kalau kita mendengarkan Firman Tuhan di gereja maka kita harus yakin dengan apa yang kita dengar karena Firman itu tidak akan kembali dengan sia-sia. Setiap Firman yang kita dengar, kita resapi dan hayati, kemudian kita taruh dalam hati dan laksanakan pasti tidak sia-sia.
Banyak orang Kristen yang tidak mau ke gereja dan tidak mau membaca Alkitab maka dia kehilangan hal yang bersifat abadi dan kekal yaitu Firman Allah.
Firman Tuhan menjadi makanan yang tidak sia-sia karena begitu banyak berkat-berkat yang bisa kita dapatkan di dalamnya.
Ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki.
Apakah yang Tuhan kehendaki? Tuhan selalu menghendaki apa yang baik, Tuhan menghendaki supaya kita selamat, supaya kita sembuh, Tuhan menghendaki ada damai sejahtera dalam hidup kita. Kalau terjadi pertentangan antara kehendak Tuhan dan kehendak kita, maka kitalah yang menentukannya. Kita manusia diciptakan dengan kehendak bebas, itulah sebabnya Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa. Kita harus melaksanakan kehendak Tuhan atas keinginan kita sediri.
Jadi kehendak Tuhan itu akan terlaksana kalau firman Tuhan itu kita pegang dengan sungguh-sungguh dan di amalkan. Kemajuan teknologi bisa menjadi penghambat seseorang dalam mendengarkan dan menerima firman Tuhan. Itulah sebabnya firman Tuhan seringkali tidak terlaksana karena orang yang mendengar itu tidak menghendakinya, tidak fokus, tidak konsentrasi.
Dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.
Tuhan akan memberikan berkatnya apabila firman Tuhan yang disuruhkan terlaksana. Sebagai manusia kita pasti memerlukan berkat, perlu keberhasilan dan Alkitab katakan bahwa semua yang mendengar dan melaksanakan firman Tuhan dia akan berhasil.
Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: ”Ada tertulis: manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”
Bagaimanakah sikap kita terhadap firman Tuhan? Manusia hidup bukan karena roti saja atau dari makanan yang biasa dimasak, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Artinya, firman menunjuk kepada hidup yang jangka panjang yaitu hidup yang kekal.
Dalam sebuah tayangan televisi, saya melihat tentang seorang wanita yang sudah berumur lebih dari 100 tahun dan masih bisa berolah raga lari. Ketika ditanyakan rahasia umur panjang dan masih kuat, dia berkata hanya memakan sayur-sayuran. Jadi setiap manusia yang berumur panjang pasti ada rahasianya.
Tetapi kalau kita ingin hidup kekal maka kita harus hidup dari setiap firman yang dibaca setiap hari, yaitu firman yang keluar dari mulut Allah, itulah yang memberikan kehidupan bagi kita. Banyak hamba Tuhan yang saya temui berkata bahwa saya kelihatan sehat. Dan saya katakan bahwa saya sehat karena firman Tuhan, saya percaya kepada firman dan saya yakin firman itu menguatkan, memberikan semangat kepada saya. Firman Tuhan itu memberikan sukacita kepada saya.
Yohanes 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
Kita disuruh untuk meminta apa yang kita perlukan. Tetapi yang menjadi pertanyaannya: sudah berapa lama kita beribadah kepada Tuhan dan sudah berapa persen firman Tuhan yang kita dengar bisa kita lakukan? Berusahalah mendengar dan berusahalah untuk melaksanakannya.
Kisah Para Rasul 18:9 Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: “Janganlah takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! Kesulitan gereja saat ini adalah diam. Ini juga bicara bagi saya sebagai hamba Tuhan. Usia semakin tua, kesehatan sedang terganggu, apakah saya harus berdiam? Dokter senior Singapura mengatakan bahwa saya harus istirahat. Tetapi alkitab katakan teruslah memberitakan firman dan jangan diam. Saksikan, beritakan, kabarkan firman. Saya yakin, jika kita terus mendengar, melaksanakan firman maka kita akan menerima berkat-berkat yang belum pernah kita alami. Haleluyah!

Ringkasan Khotbah Pdt. M. D. Wakkary, Minggu, 30 April 2017 (Ibadah Raya I)